Istilah “ada harga, ada rupa” atau yang dalam bahasa Jawa biasa disebut ono rego, ono rupo, memang tidak pernah salah. Karena itulah, saya berani bilang bahwa Hotel Queen of The South adalah hotel terbaik di Parangtritis.

Lupa Terus

Saya (lebih tepatnya “kami”, karena bersama keluarga) lupa kapan pertama kali mengunjungi tempat ini. Sudah lama sekali. Saya pun, dari awal berkunjung, tidak langsung tahu kalau ini adalah sebuah hotel, karena begitu masuk di halamannya yang sangat luas, tempat ini lebih seperti tempat wisata. Memang indah nian pemandangan di sini.

Kali pertama, kami sekeluarga belum langsung menginap. Masih melihat-lihat. Bahkan, kalau tidak salah ingat, hanya numpang renang. Ingin mencoba kolamnya. Entah, lagi-lagi saya juga lupa.

Baru pada kunjungan yang kedua (atau ketiga), untuk pertama kalinya kami menginap di sini, Queen of The South.

Itu pengalaman yang menarik, tapi sayang, saya masih lupa bagaimana persisnya. (emot batu)

Tidak Pernah Membuat Bosan

Yang membuat Hotel Queen of The South semakin menarik dan istimewa adalah, meski sudah pernah mencoba menginap di sini untuk pertama kalinya, setelahnya pun kami sekeluarga tidak pernah bosan untuk menginap di sini lagi—kecuali saya, itu pun lebih karena kolam renangnya yang bagi saya terlalu kecil. Tapi lupakan. Total mungkin kami sudah menginap di sini tiga atau empat kali.

Kenapa istimewa? 

Entah bagaimana wujudnya sekarang. Namun, kalau baru-baru ini kalian sedang ke sana dan ternyata jalan masuknya masih berupa tanah yang dikeruk, masih belum rata dan berbatu, tolong sabarlah sebentar. Malah kalau bisa, abaikan saja. Sebab, setelahnya, begitu masuk, kalian akan segera melupakannya dan mulai terpesona dengan pemandangan yang ada di sini.

Dari lobby, masuk lagi, di situ ada taman bermain anak-anak, juga mini bar, yang letaknya berdekatan dengan kolam renang.

Jalan setapak berbatu membelah halaman, menuntun kita melewati kamar-kamar hotelnya yang berupa bangunan terpisah. Mungkin mirip villa, tapi versi mini.

Beberapa tangga akan kita jumpai di sebagian sudutnya karena, ya, kamar-kamar di sini tidak dibangun di satu tanah landai yang rata. Semakin ke pojok, semakin naik. Dan tepat di ujungnya terdapat gardu pandang untuk melihat indahnya Pantai Parangtritis dari atas.

pemandangan Pantai Parangtritis dari atas
pemandangan Pantai Parangtritis dari atas

Sebenarnya di ujung seberangnya lagi (ke timur) ada president suite, dengan kolam renang pribadi tentunya. Semua terlihat dari area hotel sebelah barat.

Kebetulan, terakhir menginap di Queen of The South, bangunan itu sedang direnovasi, kosong. Jadi saya bisa masuk untuk melihat-lihat bangunannya. Sangat besar, dengan view yang tentu saja menawan. Kolamnya pun lebih besar. Tapi entah, di sini terasa lebih sunyi saja.

Di dekat president suite ini sendiri, sebelumnya juga ada tiga-empat kamar dengan halaman yang lebih luas, rumput. Lebih dekat bila ingin menikmati pemandangan laut selatan. Dan di sini, yang paling menyenangkan adalah saat senja perlahan mulai gelap, ketika lampu-lampu taman sudah menyala. Itu indah sekali, membuat siapa pun betah berlama-lama di sini—kecuali jika angin berembus semakin kencang dan malam mulai dingin.

halaman Queen of The South sebelah timur
halaman Queen of The South sebelah timur

Kegiatan di Queen of The South

Kalian tahu, meski area di sebelah timur terasa lebih mewah atau semacamnya, menurut saya tetap lebih nyaman di area sebelah barat. Selain karena bisa lebih membaur dengan pengunjung lain, di situ juga kalau kalian mau ke mana-mana, lebih dekat jaraknya. Yah, walaupun tidak jauh-jauh amat sebetulnya.

Lantas, apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di sini?

Jujur saja, karena saya seorang bujang, bagi saya sendiri ya tidak terlalu banyak yang bisa dilakukan di sini. Terutama karena kolamnya yang kecil. Tapi lumayan, dari Queen of The South ini kita bisa menuruni anak tangganya yang kurang lebih berjumlah 100-an, menuju Pantai Parangtritis. Sekadar berjalan-jalan menikmati pantainya, joging, atau bisa juga naik delman serta ATV-nya.

Kemudian kembali menaiki anak tangganya, yang tinggi dari bawah ke atasnya mungkin ada belasan meter, dan kembali lagi ke hotel.

Naik-turun tangganya saja sudah bikin kita berkeringat, lho. Serius.

Namun, di atas itu semua, momen terbaik saat berada di Queen of The South ini tentulah ketika senja. Jadi, begitu senja tiba, tengoklah ufuk barat dan lihatlah bagaimana indahnya mentari perlahan pamit undur diri. Lepaslah kepergiannya sambil banyak-banyak bersyukur, kita masih mendapat kesempatan untuk menikmati keindahannya.

menikmati senja
sunset di kolam Queen of The South
sunset di kolam Queen of The South

Kesimpulan dari saya pribadi, Queen of The South ini memang lebih cocok untuk bersantai, bukan prioritas untuk singgah saat liburan seperti hotel-hotel di tengah kota.

Yakin, Jangan Ragu

Nah, misal kalian ingin mencoba masuk hanya untuk melihat-lihat, insyaAllah bisa, kok. Yang penting, izin saja dulu. Resepsionis dan karyawan di sini ramah-ramah. Asal kalian juga sama-sama tahu diri saja.

Namun, kalau kalian benar jadi ingin menginap di sini bersama istri, misalnya (tolong jangan bertanya apa pun ke saya), atau mungkin keluarga besar dan seterusnya, saran dari saya: jangan ragu-ragu.

Di Queen of The South, kalian (yang perempuan) akan merasakan pengalaman bak seorang ratu—yang kebetulan “istana”-nya berada di pantai selatan. Hahaha …

Ah, sulit sekali menggambarkan betapa indahnya hotel ini. Kalian langsung sajalah scroll ke bawah, terus klik di bagian ulasan. Semua sudah saya taruh di situ.

Oh, ya, letak hotel ini juga tidak jauh dari Watu Gupit, kok.

Bagaimana, kapan-kapan coba menginap di sini, ya?

Selamat berlibur!

Kalian sudah pernah menginap di sini? Atau kalian ada rekomendasi hotel lain di kawasan Pantai Parangtritis? Ceritain, dong!

Kita sama-sama berbagi pengalaman dengan sobat jalan lainnya.


Informasi, Lokasi, dan Ulasan Hotel Queen of The South

AlamatDesa Jl. Parangrejo No.13/RW 13, Parang Reja, Girijati, Purwosari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta – 55872
Bila membutuhkan informasi lebih lengkap, kalian bisa langsung mengunjungi tautan resminya.
Ini ulasan ringkas saya beserta foto-foto Queen of The South di Google.
Artikel SebelumnyaMenikmati Rawa Pening dari Eling Bening
Artikel BerikutnyaSisi Histori Taman Sari

Tinggalkan Komentar